Minggu, 11 April 2010

Kisah Sukses Tokoh Dunia Internet (Ebay)


Di jagat internet, memang ada sejumlah nama yang populer. Sebut saja misalnya Jimmy Wales, sang pendiri situs Wikipedia. Lalu ada Larry Page dan Sergey Brin, dua tokoh penting berdirinya situs pencari Google. Ada juga Jerry Yang, pendiri situs Yahoo.
Meski tidak sepopuler nama-nama di atas, ada satu nama yang juga punya peran penting dalam dunia internet, khususnya menyangkut perdagangan dan bisnis adalah Pierre Omidyar (41) pendiri eBay merupakan situs perdagangan online terbesar yang situs www.eBay.com, pria kelahiran Paris, Perancis pada tanggal 21 Juni 1967. Meski lahir di Perancis, Omidyar sebenarnya berdarah Iran. Ia sejak kecil sudah memperlihatkan minat dan kemampuannya dalam pemrograman komputer. Kemampuannya terhadap program komputer tidak hanya ia kembang di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Ia secara sukarela membantu perpustakaan di sekolah menengah tempatnya belajar untuk menyusun katalog online. Rupanya dari projek sukarela inilah karier cemerlang Omidyar berawal karena dari sana ia memiliki banyak pengalaman berharga dan memuluskan jalannya untuk benar-benar menjadi seorang ahli pemrograman komputer.
Pada tahun 1988, Omidyar lulus kuliah dari Universitas Tufts dengan gelar B.S. (Bachelor of Science) di bidang ilmu komputer. Pada tahun 1991 kariernya mulai terlihat ketika ia bergabung dengan perusahaan Claris yang merupakan sebuah anak perusahaan Apple Computer. Di sana ia menjabat sebagai consumer software engineer. Kemudian tahun 1994, ia mendirikan Inc. Development Corporation, yang selanjutnya mengalami perkembangan dan diberi nama eShop. Pada saat itu, eShop adalah pemimpin teknologi perangkat lunak (software) perdagangan berbasis internet pada tahun 1996 diakuisisi oleh Microsoft.
Pada tahun 1995, Omidyar mendirikan perusahaan yang diberi nama domain EchoBay.com, namun ternyata domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain. Akhirnya, Omidyar memendekkan namanya menjadi eBay.com. Awal mula berdirinya eBay, sebenarnya tercipta karena niat Omidyar membantu seorang teman dekat untuk mendapatkan pembeli bagi produk yang dijualnya. Ternyata, dari sekadar iseng membantu teman, menjadi ide bisnis yang brilian. Walaupun awalnya peluncuran bisnis eBay merupakan uji coba terhadap bisnis yang berbasis internet yang saat itu belum ada di dunia maya, ternyata malah membawa keuntungan yang lebih banyak bagi Omidyar.
Rahasia sukses eBay
Kesuksesan situs eBay, menurut Omidyar, dalam wawancaranya dengan dengan Robert D. Hof dari BusinessWeek adalah adanya nilai-nilai yang dianutnya dan kekuatan eBay pada komunitas yang terbentuk. Nilai-nilai yang dianut dalam bisnis eBay adalah ia percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Percaya bahwa setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain Selain itu, ia juga percaya bahwa kejujuran dan lingkungan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik, dan menerapkan aturan emas bahwa bisnis eBay memperlakukan setiap pribadi yang terlibat dengan sebaik mungkin. Karena pada dasarnya setiap manusia ingin diperlakukan dengan baik, manusia tersebut harus memperlakukan yang baik pula terhadap manusia lainnya.
Komunitas yang dimaksud dalam bisnis itu adalah para penjual dan pembeli yang ada dan bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan. Berkat nilai-nilai yang dianutnya itulah kini eBay telah memiliki ratusan juta anggota ini. eBay juga telah memiliki situs web yang tersebar di banyak negara, seperti AS, Kanada, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swedia, Switzerland, Italia, Austria, Belgia, India, Australia, Selandia Baru, Cina, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan.
Kedermawanan Omidyar
Kesuksesan eBay tentunya mengantarkan Omidyar menjadi seorang miliarder. Namun, kesuksesannya tersebut tidak menjadikannya lupa diri atau melupakan masyarakat sekitarnya. Pada tahun 1998, bersama istrinya, Pamela, Omidyar mendirikan yayasan eBay atau yayasan Omidyar. Yayasan ini memberikan pendidikan gratis mengenai teknologi dan aplikasi dari teknologi tersebut pada masyarakat yang memerlukan. Ia percaya bahwa investasi kebaikan yang diberikan kepada masyarakat yang dilakukan secara sukarela (seperti ketika ia mendirikan eBay pertama kali, dengan niat membantu teman dan juga masyarakat bisnis), pastinya akan membuahkan sesuatu yang positif di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar